Wednesday, January 27, 2010

My Holiday Story....Bali....


Syahan "the beach boy"


Ada apa di Bali??? Seperti yang sudah kita semua tahu pasti ada Tanah Lot, pantai-pantai yang indah, orang-orang yang beneran holiday conscious dan penuh para bule..he..he..he..Itu sih semua pasti sudah tahu.. Nah kalau biji kopi ternyata punya gender? Itulah pengetahuan baru yang aku dapet setelah berlibur ke Bali akhir januari lalu.

Aku sekeluarga akhirnya bisa liburan serius sama-sama ke Bali, lho kok? bukannya sering jalan-jalan? Iya sih, tapi liburan kali ini emang beda. Karena yang ini emang direncanakan secara 1/2 matang (he..he..he, rough planning aja, karena pas jalan bisa dimodifikasi sesuai sikon) dan kali ini kita menginap diluar rumah lebih dari 1 malam.


one out of many landmarks of Bali..Tanah Lot

Well, ini emang liburan biasa dan pilihan tempatnya pun standar banget buat yang liburan ke luar kota, kemana lagi kalau bukan ke Bali. Dan tempat yang aku kunjungi juga bukan tempat yang aneh bin ajaib dan beda dari yang lain, standar juga buat orang yang berlibur ke Bali. Milih tempat yang khas seperti tanah Lot, Kintamani, Desa Ubud. Trus ke pantai yang emang dimana-mana lah di Bali,Kuta, makan malam di Jimbaran, Nusa Dua. Mungkin yang agak baru milih ke Bird & Reptile Park yang ada di arah Ubud.

Tapi...yang mau aku cerita sebenarnya bukan kemana aku pergi, aku cuma pengen berbagi gimana suasananya aja pas pergi bawa 2 anak. Awalnya aku udah ngebayangin repotnya membawa mereka, tapi sekali lagi emang niat pergi kali ini memang mau menyenangkan mereka yang selalu agak iri kalau ngeliat ayahnya pergi ke luar kota terus, apalagi naik pesawat. Buat anak sebesar mereka emang rasanya amazing banget naik turun pesawat..ha..ha..ha..Syahan pernah berkomentar "Rasanya ajaib Bunda"... emang gimana ya rasanya ajaib?. Dan memang terus terang gak gampang membawa mereka dan membuat mereka terus terhibur sepanjang waktu tanpa bikin kita naik darah.

Kassandra jauh lebih menikmati liburannya, mungkin memang pada dasarnya dia lebih suka dengan alam terbuka dibandingkan mas Syahan yang udah mulai agak rewel dan suka mengeluh dengan panasnya udara (Alhamdulillah banget 3 hari kita jalan-jalan hujannya baru turun menjelang kita sampai hotel). Hari pertama setelah sampai kita cuma jalan-jalan di Kuta Square dan main ke pantai kuta. Hari kedua dan ketiga kita jalan seharian ngubek-ngubek tujuan wisata Bali. Pergi pagi pulang malam. Capek memang. Thanks God that I've got 2 kids, because one of them always take the courtesy of entertaining if the other one was bored. Jadi lucu aja ngeliat Syahan coba ngebujuk Sandra buat nyebur ke kolam, atau ngeliat Sandra manggil-manggil Syahan dari atas tangga, ngasih semangat buat naik "Ayo, terus, sedikit lagi, ayo..ayo.." ha..ha..ha.. lucu banget. Tapi memang berlibur barengan anak-anak memang pake skala prioritas, pilih mana mau nyenengin anak-anak atau mau nyenengin orangtuanya. Karena memang ada beberapa wahana yang sebenarnya fun buat orang dewasa dan pengen kita coba tapi belum tentu anaknya berani (misalnya parasailing, flying fish, snorkling dst). Prioritas kali ini ya memang untuk menyenangkan anak-anak, jadinya kitanya ekstra capek..he..he..he..berkorban dikit lah ya buat anak. Tapi beneran senang kok ngeliat anak-anak kita puas.

Kita sengaja memilih untuk menyewa kendaraan plus sopirnya dari hotel, pertimbangannya...biar kita lebih bisa membuat anak-anak merasa nyaman, bayangkan aja kalau ayahnya dan aku gantian nyetir, otomatis pasti cuma 1 orang dewasa yang perhatian sama 2 anak itu, wah..kebayang kan kalo semuanya bisa jadi lebih cepat Bete. Pilihan yang menurut aku (Alhamdulillah) pas, karena sopirnya emang tau banget jalan-jalan pintas menuju lokasi, dan bisa kasih rekomendasi tempat apa saja yang layak dikunjungi dan harus makan dimana, karena toh kita juga gak bisa makan disembarang restoran...Thanks ya Bli Edy, you made our holiday much easier and fun.

The great thing about Balinese people is that they really take tourism seriously, so gak sulit untuk bikin waktu yang kita habiskan di sana menyenangkan dan berkesan,sifat ramahnya itu bener-bener tulus. Tapi itu gak berarti kita bisa percaya mentah2 sama semua orang. Hati-hati aja deh kalau ada yang nawarin hotel gratis untuk kunjungan berikutnya, atau meminta no telp kita dengan alasan survey. Bisa bikin liburan terganggu deh pokoknya.


asyik kan disuguhi kopi-kopi ini....


Yang paling berkesan buat aku liburan kali ini adalah pada saat kita mampir ke kebun kopi di daerah Seribatu buat coffee tasting, aku baru ngeh kalo ternyata kopi itu ada yang perempuan, ada yang laki. Harga kopi laki itu 3 kali lipat kopi perempuan. Nah di tempat itu kita disuguhi bermacam seduhan minuman panas, male coffee, female coffee, ginseng coffee, teh sereh, teh jahe dan coklat panas. Dan semuanya gratis...kecuali kopi luwak yang per cangkirnya dihargai 30 ribu. Tapi aku gak suka rasa kopi luwak...bingung juga apanya sih yang enak? mungkin bukan ahli kopi kali ya..ha..ha..ha..


Sempat mengunjungi Bakal Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di daerah Ungasan, wah
ini patung kalo udah jadi bakalan keren banget, sayang dari masa Soeharto sampe sekarang yang udah jadi baru sekitar 25%, mudah-mudahan bisa selesai deh. Masa harus nunggu ganti Presiden lagi baru jadi. Sayang aku gak sempat ke Renon, pusat pemerintahan disana tempat perang Puputan, padahal Syahan senang banget pergi ke tempat-tempat yang ada unsur sejarahnya. Maybe next time deh.

So Guys...mau liburan? jangan lupa bikin rencana kasarnya dulu ya, supaya lebih fun dan terukur. Nah kalo masalah belanja, jalan Poppies menawarkan kaus-kaus murah dan lucu, kalo mau yang serba ada toko Krisna boleh dicoba karena selain lengkap udah ada harga bandrolnya, disini aku dapat tas anyaman pandan yang rapi banget. Hasil hunting favoritku adalah poci set keramik yang dapat di tanah lot (disini juga harganya murah dan masih bisa nawar) dan cermin mosaik buat kamar anak-anak. Saranku, beli barang yang bisa kepake dan unik, kalo beli baju yang biasa aja toh di Jakarta juga banyak, see you on the next story ya. So guys...ready to go to Bali? it will be much fun than to go to Singapore (yeah right, I've never been to Singapore before, so what do I know?..ha...ha..ha..)

4 comments:

Unknown said...

Nice story mbak Inong. Looking forward to your next holiday adventure!. Rheny Clayton-Stamm

resep nyonya inong said...

Rhen...aku suka deh dengan nama barunya pake CS di belakang..xixixixi, maybe next time main ke Melb ya Rhen

grahahaji.blogger.com said...

mampir grahaji.blogspot.com
jangan lupa baca zikir sapu jagad..
robbu na lloh.....
dimana saja ..kapan saja..
sebarkan ke siapa saja..
yang mau sharing silahkan..
siapa tahu ..ketemu jodoh..lho
lewatblog nya..mbak..
wasalam

grahahaji.blogger.com said...

banyak yang ke jogja pingin belajar
apalagi liburan,sebaiknya mampir
saja ke wahana agama....
on line nya grahahaji.blogspot.com
off line nya di jalan nyai dahlan 12
yogyakarta...yang butuh guest house
boleh aja mampir.....
mo belajar ngaji gampang,,
mo ngapalin quran..yang enak..
mo blajar bahasa arab nya yang mudah
mo belajar grammar inggris.gampang..
mo tahu matematika komputer..
insya Alloh cocok untuk anak-anak
apalagi or tu nya..boleh juga.
saat ini posisi off line di jakarta
sms aja 081 80 36 56 085/noor